Megawati Dorong Pemanfaatan Dana Desa untuk 3 Hal Utama Kebutuhan Masyarakat

Tiga hal utama kebutuhan masyarakat, yakni pembangunan akses jalan, penyediaan air bersih, dan sanitasi yang baik.

Jakarta- Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri mendorong agar kader partainya bisa memastikan program dana desa oleh Pemerintahan Jokowi-Maruf Amin berjalan baik di lapangan. Dana program itu setidaknya bisa dipastikan untuk tiga hal utama kebutuhan masyarakat, yakni pembangunan akses jalan, penyediaan air bersih, dan sanitasi yang baik.

Hal itu disampaikan Megawati saat membuka acara Penganugerahan Trisakti Tourism Award Desa Wisata, yang digelar secara hybrid yang ditayangankan di Kanal Youtube PDIPerjuangan, Kamis (26/8/2021).

Menurut Megawati, akses jalan, air bersih, dan sanitasi, adalah tiga hal utama yang dibutuhkan oleh masyarakat untuk hidup baik dan sehat.

“Itu modal kehidupan yang baik bagi manusia. Jalan untuk akses, entah jalan kecil, setengah besar, atau besar. Air untuk kesehatan. Dan sanitasi,” kata Megawati.

Megawati lalu bicara soal air bersih. Menurutnya, sebaiknya pengelolaan air bersih itu melibatkan warga masyarakat sendiri. Sebab kini banyak perusahaan besar yang menyasar pengelolaan air.

“Saya bukan anti-pengusaha di bidang air. Saya berbicara dalam rangka bagaimana mengorganisir warga itu sendiri. Dibandingkan satu botol Aqua, daripada dia beli tiap hari, toh kalau ada air bersih dari pemerintahnya, dikelola pemerintahnya, disebarkan dari dana desa, kan lebih lumayan. Kita harus cerdik menolong rakyat itu bagaimana,” urai Megawati.

Satu sektor lainnya yang berpeluang untuk memaksimalkan program dana desa adalah sektor pariwisata.

“Monggo dikelola, tapi jangan dirusak. Sebenarnya harus dikelola oleh masyarakat sehingga masyarakat jadi bagian dari kehidupan itu. Saya bukan anti-pengusaha. Sekali lagi tidak. Tapi kalau bisa rakyatnya dulu digerakkan, alangkah baiknya. Jadi dia (rakyat, red) bisa membantu dirinya,” tambahnya.

Sekjen DPP PDIP, Hasto Kristiyanto, menambahkan sebagai partai yang mengusung gagasan dan cita-cita Bung Karno, PDIP selalu mendorong pembangunan yang menyatu dengan tradisi serta kekayaan nusantara.

Oleh sebab itu, Megawati membawa PDIP menetapkan tema ulang tahun partai tahun ini, mengenai gotong royong untuk desa yang maju, kuat, dan berdaulat. Wujudnya adalah berbagai program seperti Gerakan Menanam, Membersihkan Sungai, dan lain-lain.

“Sebab kita harus berpolitik yang memberikan oksigen pada kehidupan; politik yang memperindah lingkungan kita; politik yang menjaga hidup sehat; politik yang membangun kedaulatan politik, berdiri di atas kaki sendiri, dan semua berakar pada kebudayaan indonesia yang sangat kuat gotong royongnya,” kata Hasto.