Kesiapsiagaan Bencana dan Baguna

Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) sebagai organisasi sayap PDI Perjuangan mengemban misi kemanusiaan dengan membumikan semangat gotong royong, membantu rakyat yang terkena bencana, dan melakukan mitigasi bencana.

Melalui Baguna, PDI Perjuangan terus berupaya memperkuat komitmennya di jalan kemanusiaan.  Menampilkan wajah politik yang mengedepankan nilai-nilai kemanusiaan dan gotong royong. Untuk itu, PDI Perjuangan kembali meluncurkan sejumlah kendaraan serbaguna berupa ambulans, mobil jenazah, hingga kendaraan roda tiga pengangkut untuk memperkuat kerja-kerja Badan Penanggulangan Bencana (Baguna), pada akhir Juli lalu.

Adapun kendaraan serbaguna yang diluncurkan 2 mobil ambulans besar, 3 mobil ambulans sedang,  2 mobil jenazah, dan 45 kendaraan roda tiga,  untuk pengangkut mengangkut makanan, air, dan sampah.

Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menegaskan Baguna harus hadir di tengah rakyat, dan membantu korban bencana tanpa memandang latar belakang agama, suku, ataupun pilihan politik.

Dalam berbagai kesempatan Megawati terus menerus mendorong Baguna meningkatkan kemampuan dan kualitas menolong masyarakat ketika terjadi bencana. Sebab agar bisa menolong orang, pihak yang menolong juga harus terlatih. Maka dari itu, kata Megawati, siapa pun yang ada di Baguna harus ikut pelatihan.

“Inilah yang saya sebut Baguna yang berkualitas. Baguna yang tidak hanya kuantitatif, tapi saya maunya yang kualitatif,” jelas Megawati saat meninjau Pendidikan dan Pelatihan Badan Penanggulangan Bencana PDI Perjuangan (BAGUNA) bersama Badan SAR Nasional (Basarnas) di Cibubur, tahun 2017.

Selain itu, Baguna PDI Perjuangan bekerja sama dengan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Kerjasama dengan BNPB, dan Badan SAR Nasional (Basarnas) dalam membantu penanganan bencana serta pelatihan bagi anggota Baguna PDI Perjuangan.

Sedangkan dengan BMKG, Baguna bekerja sama dalam melaksanakan sosialisasi informasi seputar meteorologi, klimatologi, dan geofisika serta pelatihan Sekolah Lapang Iklim untuk masyarakar pesisir dan petani.